Ageboy Blog: http://ageboy.blogspot.com/2012/04/cara-agar-blog-tidak-bisa-di-copy-paste.html#ixzz1toGYf5mk the Chic Sunrise: TRIP OBSERVASI

Minggu, 06 Maret 2011

TRIP OBSERVASI

TO adalah program andalan dari SMA Diponegoro 1, SMA gue tercinta. Acaranya tuh kita para siswa-siswi baru (kelas X) ngikutin semacam MOS kedua gitu. Tapi tempatnya di kampung orang alias pedesaan yang keadaannya berbeda jauh dengan rumah kita di Jakarta. Pastinya lokasinya di sekitar gunung gitu, di daerah Jawa Barat. Kenapa selalu di Jabar? Karena kalo kita harus ke Bali atau Medan, kejauhan cuman untuk tiga hari doang dan ongkosnya kemahalan… oke? Hahahaha…. *intermezo*

Gue dan temen-temen seangkatan gue (angkatan 2009/2010) pun mengikuti TO dari tanggal 29 Oktober-1 November 2010 di Dusun Tajur, Pasanggrahan, Purwakarta, Jawa Barat. Kita ke sana sengaja Cuma difasilitasin pake kendaraan TRONTON, yang selama ini gue tau itu kendaraan yang biasa dipake buat anter-jemput tentara, dan bawa tahanan keluar atau masuk penjara bersama polisi-polisi penjaganya.

Di tronton itu juga dipaksa untuk memuat tiga kelompok, dan itu berarti di tronton sekecil itu memuat sekitar tiga puluhan anak manusia, ditambah tiga kakak PHB dan anggota OSISnya. Dan dipersempit lagi dengan kardus dan ransel bawaan kita masing-masing. gue dan temen-temen yang cewek duduk di kursi, dan yang cowok harus ngalah untuk berdiri selama tiga atau empat jam perjalanan keluar kota. Sumpek, panas, keringetan, gak bisa napas, tapi asyik!

Sampe di sana, segambreng kegiatan udah nunggu di depan mata. Mulai dari selesai sambutan dari kepala desa dan perkenalan dengan orang tua asuh (yang punya rumah tempat kita menginap sementara di sana), tenaga dan otak kita dikuras habis-habisan.
Selama tiga malam di sana, kita disibukkan dengan bikin display presentasi, latihan untuk pensi, untuk yang cowok : bertanding futsal di sawah melawan penduduk di sana, piket (mengurus rumah), buat yang cewek : masak, cuci piring, dan bantuin ibu-ibunya kerja beresin rumah dan ngedapur di sana. Yang cowok pagi-pagi bantuin bapak kerja di sawah, observasi pekerjaannya, dan cari kayu bakar. Dan esoknya lagi harus siap-siap stamina ekstra untuk penjelajahan, kayaknya sih semacam outbond gitu tapi gue juga gak tau persisnya itu ngapain karena gue gak dibolehin buat ikut gak tau kenapa. Padahal gue gak sakit, gue gak meriang, gue gak lemas. Gue sehat wal afiat, kuat, ceria, dan semangat 45 banget ikutan trip observasi… ya sudahlah, gue terpaksa tidur di posko kesehatan meskipun gue sehat. Karena kita yang pada sehat tapi demo mau ikut penjelajahan malah diceramahin sama guru yang jaga di posko itu : “Heh, kalian. Udah deh, udah penyakitan diem aja! Gak usah protes. Tidur sana!” dalem banget, gak sih…? Hikss

Di sana juga kita gak boleh sembarangan ngelanggar peraturan dan ‘macem-macem’ karena kita selalu dinilai sama kakak PHB dan kakak OSIS yang selalu ngontrol kedisiplinan dan kekompakan kita. Emang dua aspek itu yang diuji dan dicari di sini untuk mendapatkan regu yang terbaik di akhir acara nanti. Dengan segala jerih payah dan keringat yang sama-sama udah gue curahin sama temen-temen seregu gue *yaitu Meilina (X-A), Aji (X-A)  ketua regu, Saddan (X-D)  wakil ketua regu, Ichsan (X-B), Hendra (X-C), Mira (X-D), Nataria (X-E), dan Issa yang waktu itu masih terlihat culun khas melayu karena dia masih anak baru banget, baru nyampe dari Malaysia kayak transit aja gitu di Dipo, trus lanjut nginep di Dusun Tajur dulu. Hahahaha…*, kita pun jadi regu terbaik pertama di antara dua puluh regu lainnya.

Sumpah bangga dan seneng banget waktu guru gue umumin : “REGU DENGAN DUA PITA EMAS, DUA PITA MERAH, DAN SATU PITA UNGU, YANG MENJADI REGU TERBAIK PERTAMA TRIP OBSERVASI 2009/2010 ADALAH REGU 12, MAENGKET!!!”

Terharu banget rasanya, apalagi kita juga sempet foto bareng Bu Irma, kepala sekolah yang cuman setahun membimbing gue dan temen-temen gue, karena pas gue naik kelas XI, beliau memilih untuk mengepalai sekolah lain karena peraturan dari Diknas atau pemerintah gitulah…

Untuk temen-temen sereguku, Meilina, Mira, Aji, Saddan, Issa, Ichsan, Mira, Hendra… jangan lupakan yel-yel kita……
‘MAENGKET… MPEL DEM DEM DEM…’ Hahahahaa :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar