Ageboy Blog: http://ageboy.blogspot.com/2012/04/cara-agar-blog-tidak-bisa-di-copy-paste.html#ixzz1toGYf5mk the Chic Sunrise: Klinik Jurnalistik dan Blogging di SMA 11

Minggu, 06 Maret 2011

Klinik Jurnalistik dan Blogging di SMA 11

Sabtu, 26 Februari 2011 kemaren gue, Mustika, sama Lianda diundang untuk datang di acaranya SMA 11, yaitu klinik jurnalistik dan blogging. Acaranya itu ya pastinya berkaitan dengan jurnalistik -> tulis menulis dan tentu aja nge-blog. Gue dan sobat gue Mustika yang diajak karena emang kita dari kelas X udah ikutan ekskul jurnalistik di sekolah dan kita adalah anggota yang paling eksis.. hahahaha… dan Lianda juga, karena kayaknya dia bakalan jadi the next Kak Jennifer.. :D

Pagi-pagi setelah absen ekskul, gue, Mustika, dan Lianda pun siap-siap untuk berangkat ke SMA 11 bareng Mr. Elang. Kita ke sana naik metro mini *angkanya berapa gue lupa, yang jelas dua kali naik turun metro mini* terus jalan sedikit ngelewatin gang dan jalan kecil. Akhirnya kita sampe di SMA 11.

Sampe di sana, acara udah mulai. Baru mulai sih, lagi sambutan-sambutan gitu, tapi untungnya kita telat. Karena dengan begitu, gue cuman denger setengah bagian dari sambutan yang menurut gue selalu jadi acara pembukaan paling membosankan di setiap seminar/acara diskusi.

Di sana, ada wartawan senior Warta Kota *yang sekali lagi, gue lupa namanya*, yang jelas beliau memang kelihatan udah senior banget dan berpengalaman. Beliau ngajarin cara membuat tulisan dan berita yang baik dan benar. Gue juga sempet nanya-nanya ‘bagaimana cara memunculkan ketertarikan pada sesuatu yang terjadi di sekitar untuk dijadikan sebagai cerita dan membuat cerita itu enak untuk dibaca?’. Terus dijawab deh dengan sangat jelas… haha *standar amat cara gue nyeritainnya*

Terus kedatangan MC yang merupakan penyiar radio Trax FM, namanya Leo. Ganteng, deh.. mirip VJ Daniel. Haha… sumpah, Kak Leo dari awal sampe akhir itu di setiap nge-MC selalu bahas dan jelek2in Justin Bieber dan Sm*sh. Hahaha.. terus, pas acara udah selesai gue sempet dua kali foto bareng lhooo.. senengnyaaa :D

Setelah itu, jam sebelasan kita semua peserta acara tersebut (yang dateng dari berbagai sekolah) dikasih tugas untuk menulis liputan tentang orang-orang di sekitar SMA 11. Boleh tukang sapu, OB, satpam, dan pedagang yang biasa mangkal di depan sekolahan. Gue dan temen-temen dari SMA Diponegoro 1 pun mencegat abang-abang rujak dan menginterogasi alias mewawancarainya. Serius, setelah wawancara, dari seorang abang rujak gue dapet banyak pelajaran.

1. Perjuangan itu sulit tapi HARUS

2. Kita harus hargain pekerjaan apapun

3. Seperti apapun keadaan kita, kita harus berani dan yakin untuk memasang cita-cita yang tinggi

4. Bagi seorang laki-laki, yang harus bener-bener tertanam di dirinya adalah : tanggung jawab untuk keluarga

5. BERSYUKUR dengan apapun yang terjadi pada diri!!

Abis wawancara, kita nulis hasil liputannya dan kumpulin sebelum jam makan siang. Selama tulisan diperiksa dan dinilai oleh bapak wartawan senior, ada bintang tamu lagi yaitu Kak Bena, blogger kribo yang terkenal banget karena ke*geblek*an video-videonya. Kak Bena ngajarin gimana caranya biar blog kita banyak yang mau kunjungi, dan kasih tau manfaat nge-blog. Kak Bena juga bilang kita harus punya cirri khas. Harus berani beda, biar orang tau dan kenal kita nggak seperti orang lain. Gitu lah kira-kira.. artiin sendiri ya maknanya! Hehehe.

Udah deket-deket Ashar, diumumin tulisan mana aja yang terbaik dan penulisnya bakal diprioritasin untuk dimuat tulisannya di Warta Kota Muda. Dan gue gak nyangka, tulisan gue dan temen-temen yag disebut kedua sebagai tulisan terbaik dengan judul : “DEMI KELUARGA, AKU RELA DAGANG RUJAK”. Haha.. kayaknya tuh judul emang hoki meskipun mirip judul sinetron :P

Meskipun dari pagi kita lepek dan dateng dengan kaos kelas, dan bikin Kak Leo ‘ngeledekin’ mulu, ya disebut rugby, marathon, atlit lah… dan selama nulis kita malah kebanyakan bercanda dan ngobrolin gebetan, tapi kita bisa buktiin kalo Dipo juga bisa.. :D, dan hasilnya Kak Leo bilang, “Lo yang keliatan paling pinter…” ke gue.. awawaw <3>

Udahlah ya,, segitu aja… hahaha

Daaaaa *kalimat penutup ini gak keren sama sekali ya?*


Tidak ada komentar:

Posting Komentar